Sunday, May 13, 2012

Mengenal Jembatan Harbour Bridge di Sydney

Harbour Bridge, merupakan ikon kota Sydney.  Jembatan ini membentang antara pusat bisnis Sydney dengan North Shore. Jembatan yang dibuka tahun 1932 ini menjadi ikon kota terbesar di Australia dan selalu ramai dikunjungi wisatawan
Pemandangan Harbour Bridge dari sisi barat Opera House. Foto: Olenka Priyadarsani

Jembatan ini mampu mengakomodasi enam jalur kendaraan bermotor dan satu jalan setapak. Jalan utamanya bernama Bradfield Highway. Dengan jarak 2,4 kilometer, Bradfield Highway merupakan salah satu jalan raya terpendek di dunia.

Dari kawasan The Rocks, banyak petunjuk yang menunjukkan arah para pejalan kaki menuju tangga. Tangga-tangga ini terletak di dekat Gloucester St. dan Cumberland St. Anak tangga ini akan membawa Anda ke ujung selatan jembatan.

Selain akses dari The Rocks, akses jalan setapak lain yang menjadi favorit para wisatawan adalah Cahill Walk. Jalan setapak ini bisa dicapai dari ujung timur Circular Quay–dermaga yang menjadi akses menuju Opera House. Ujung dari Cahill Walk adalah Sydney Botanic Gardens. 

Pemandangan Sydney Harbour Bridge di kala senja. Foto: Olenka Priyadarsani
Pemandangan Sydney Harbour Bridge dapat dinikmati kapanpun, baik di siang hari maupun di malam hari. Anda pun dapat menikmatinya sembari menikmati jamuan di salah satu kafe yang berderet di kawasan Opera House. Tentu, harga di kafe-kafe itu sangat mahal. Bila ingin hemat–seperti saya–bawa bekal sendiri dan duduk di salah satu bangku yang banyak tersedia di Circular Quay. Pemandangan indah, angin sejuk, dan kopi panas adalah paduan yang luar biasa!


No comments:

Post a Comment